01 Agustus, 2013

PENGETAHUAN ILMIAH YANG WAJIB KITA TAHU

1.      Ilmuan telah menemukan bahwa wanita hamil yang terkena bahan kimia tingkat tinggi triclosan (bahan kimia yang terdapat di dalam pasta gigi) dapat membuat bayi yang dikandungnya beresiko mengalami kecacatan.
2.      Orang yang berolahraga yang banyak mengeluarkan keringat tetapi kurang meminum air putih, membuat sel abu-abu pada otaknya mengerut, meminum air putih berkhasiat meningkatkan kerja otak dan meningkatkan ketajaman otak. Anak-anak yang meminum air putih sebelum ujian atau tes, mendapatkan hasil 3x lebih baik daripada anak-anak yang tidak meminum air putih sebelumnya.
3.      Kecanduan pornografi menyebabkan kerusakan sel-sel otak secara permanen, karena sel-sel otaknya putus dan sel-sel syaraf otak yang di ujung-ujungnya ada listriknya, konslet atau mati. Hal ini menyebabkan turunnya kecerdasan orang tersebut. Karena sel-sel otak dan ujung sel-sel syaraf otak manusia tidak diprogram oleh Allah untuk melihat kemaksiatan.
4.      Menurut penelitian, ikan dan semua hewan yang hidup di laut, seperti udang, lobster, kepiting, ikan, teripang mengandung omega 3, 6, 9 dan zat besi, khusus untuk teripang, ada lebih dari 50 zat gizi yang terkandung dalam teripang, makanya, teripang disebut ‘raja gizi’. Zat besi terutama banyak terdapat di dalam ikan air tawar, yaitu di ikan lele, patin yang sangat berkhasiat untuk menyehatkan tubuh, menguatkan tubuh, mencerdaskan otak dan sebagainya.
5.      Egois bisa mengurangi rezeki, egois dan stres bisa merusak sel-sel tubuh dan bisa menyebabkan penyakit kanker, toleransi bisa menyehatkan jasmani dan rohani. Puasa, zikir, dan istighfar bisa membuat kita menjadi orang yang sabar, insya Allah.
6.      Prof. Tajaten Tahasen, Dekan Fakultas Farmasi dari Universitas Chiang Mai di Thailand, menyatakan masuk Islam (sebelumnya beragama Budha), saat membaca makalah Prof. Keith More dari Amerika Serikat. Keith More adalah ahli Embriologi terkemuka dari Amerika yang mengutip surat An-Nisaa’ ayat 56 yang menjelaskan bahwa luka bakar yang cukup dalam tidak menimbulkan sakit, karena ujung-ujung syaraf sensoriknya sudah hilang.
Qur’an surat An-Nisaa’ ayat 56 :
56. (Sesungguhnya orang-orang kafir terhadap ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam Neraka. Setiap kulit mereka) orang-orang kafir (terbakar hangus, Kami ganti kulit mereka dengan yang lain) yang baru (agar mereka merasakan pedihnya azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa) untuk mengazab mereka (lagi Maha Bijaksana”) untuk menerima taubat mereka jika hamba-Nya bertobat.
 Ditinjau secara anatomi, lapisan kulit kita terdiri atas 3 lapisan global, yakni :
1. Epidermis.                      2. Dermis.                    3. Sub curtis.
Pada lapisan Sub curtis banyak mengandung ujung-ujung pembuluh darah dan syaraf. Pada saat terjadi combustion grade III (luka bakar yang menembus Sub curtis), salah satu tandanya yakni hilangnya rasa nyeri dari pasien. Hal ini disebabkan karena sudah tidak berfungsinya ujung-ujung serabut syaraf afferent dan efferent yang mengatur sensasi perfensi. Maka kulitnya orang-orang yang mendustakan atau kafir terhadap ayat-ayat Allah, bila sudah hangus, kulit mereka diganti dengan kulit baru oleh Allah, supaya mereka bisa merasakan pedinya azab. Karena sewaktu di dunia orang-orang kafir mendustakan dan bahkan menghina ayat-ayat Allah.
6.  Fase merangkak pada bayi itu adalah fase yang sangat penting untuk perkembangan otak bayi, karena fase merangkak adalah untuk mengkoordinasi keseimbangan otak kiri dan kanan supaya nanti jika anak tersebut sekolah, bisa konsentrasi belajar, tidak hiperaktif, mau bergaul dan tidak menjadi anak yang penyendiri, tidak kesulitan bicara. Fase merangkak pada anak minimal 3 bulan, ketika merangkak tangan tidak boleh menggenggam, tetapi harus menelapak, tangan kanan maju diikuti kaki kiri maju. Jika anak tidak mengalami fase merangkak, minimal 3 bulan, maka akan mengganggu kemampuan otak anak tersebut untuk berkonsentrasi dalam belajarnya ketika anak itu sekolah nantinya.
7.   Manfaat ASI Bagi Bayi.
Hari ke1-3 setelah melahirkan, kelenjar susu ibu hanya berisi Colostrom saja, jadi setelah bayi lahir harus segera disusui oleh ibunya karena cairan Colostrom sangat penting bagi bayi untuk kekebalan tubuhnya dari serangan penyakit-penyakit dan mencegah penyakit darah tinggi, jantung dan diabetes mellitus jika anak itu dewasa. Colostrom adalah zat kekebalan tubuh yang hanya ada di kelenjar susu ibu selama 3 hari sejak melahirkan. Bayi hanya membutuhkan ASI saja (eksklusif) selama 6 bulan, jadi selama 6 bulan bayi tidak boleh dikasih makanan pendamping, bayi harus diberi ASI selama 2 tahun penuh.
Qur’an surat Al-Baqarah ayat 233 :
233.(“Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama 2 tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna….”). Karena di dalam ASI mengandung lebih dari 300 bahan yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan sel-sel otaknya dan untuk pertumbuhan organ-organ tubuhnya selama 2 tahun penuh. Selama 2 tahun penuh, setiap hari kandungan gizi dalam ASI berubah sesuai kebutuhan bayi pada saat itu. Bayi yang diberi ASI selama 2 tahun atau lebih, IQ-nya lebih tinggi 7 sampai 10 point daripada bayi yang diberi susu formula, karena di dalam susu formula hanya mengandung 40 bahan. Bayi yang diberi ASI saja (eksklusif) selama 6 bulan tanpa makanan pendamping, maka IQ-nya lebih tinggi daripada bayi yang diberi makanan tambahan pendamping selain ASI sebelum usianya 6 bulan.

Jika tidak ada suatu masalah khusus terhadap ibunya, ASI semakin diminumkan ke bayinya akan semakin bertambah banyak, jadi tidak perlu merasa kuatir kekurangan. ASI selalu mempunyai suhu standarnya, tingkat kesegaran yang prima dan bebas bakteri, serta mudah dicerna. ASI mengandung berbagai macam zat antibodi yang berasal dari ibu, memberi perlindungan terhadap berbagai sumber penularan penyakit bagi bayi. Bayi yang minum ASI dibanding dengan bayi yang minum susu bubuk buatan, lebih jarang terjangkit bermacam penyakit akut maupun kronis. ASI juga bisa mengikuti pertumbuhan bayi dengan otomatis merubah komposisinya, untuk menyesuaikan kebutuhan setiap tahap masa pertumbuhan bayi. ASI tidak mengandung jenis protein dari benda lainnya, bisa mengurangi kemungkinan yang mengakibatkan bayi terkena alergi. ASI mengandung komposisi gizi yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak bayi, uji klinis telah membuktikan bahwa bayi yang dibesarkan dengan ASI, IQ-nya (Intellegencia Quotient) lebih tinggi. Melalui proses menyusui, pendekatan intim antara bayi dan ibu, lebih mudah menumbuhkan EQ (kecerdasan emosi) bayi dalam kepercayaan diri sendiri maupun orang lain.

Bagaimana Kualitas ASI Setelah 1 Tahun Menyusui.
Berdasarkan peneliatian, ASI di tahun kedua kandungan faktor imunitasnya meningkat. Zat antibodi tersedia dalam jumlah besar pada ASI selama masa menyusui. Tapi ternyata sebagian faktor kekebalan dalam ASI konsentrasinya meningkat selama tahun kedua dan selama proses penyapihan (weaning). Apalagi pada tahun kedua ini anak sudah cenderung aktif dan lebih mobile, maka kemungkinan bersentuhan dengan virus atau bakteri penyebab penyakit semakin besar, sehingga sangat dibutuhkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh yang lebih kuat lagi..dan itu semua bisa  didapatkan dari ASI.
*.The American Academy of Family Physicians menyatakan bahwa anak yang disapih sebelum umur 2 tahun berisiko lebih besar untuk terkena penyakit.
* Gulick (1986) menyatakan bahwa anak yang menyusu di antara umur 16-30 bulan lebih jarang sakit dan jikalau terkena penyakit, durasi sakitnya pun lebih pendek.
* Goldman 1983, Goldman & Goldblum 1983, Institute of Medicine 1991) “Zat Antibodi banyak terdapat di dalam ASI pada saat menyusu”. Faktanya faktor imunitas meningkat pada tahun ke-2 dan pada saat menyapih.
* WHO menyatakan :
Sedikit penambahan pada tingkat menyusui dapat mengurangi tingkat kematian anak dibawah 5 tahun sebesar 10%.
Menyusui berperan penting dan terkadang diremehkan pada penanganan dan pencegahan penyakit anak-anak.
Mengurangi risiko alergi. Berdasarkan penelitian, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan mencegah resiko alergi dan asma pada anak.
ASI di tahun ke-2 lebih kaya nutrisi dan merupakan sumber vitamin A yang tak tergantikan. Dari tulisannya Luluk L Soraya dikemukakan bahwa di tahun ke-2 menyusui, setiap 448 ml ASI memenuhi kebutuhan anak sebagai berikut :
*        29% dari kebutuhan energinya.
*        43% dari kebutuhan proteinnya.
*        36% dari kebutuhan kalsiumnya.
*        75% dari kebutuhan vitamin A.
*        76% dari kebutuhan folatnya.
*        94% dari kebutuhan vitamin B-12.
*        60% dari kebutuhan vitamin C.
Keuntungan Bagi Ibu Yang Menyusui.
*        Beberapa keuntungan untuk ibu yang menyusui anaknya lebih dari 2 tahun yaitu :
*        mengurangi risiko kanker rahim
*        mengurangi risiko kanker payudara
*        mengurangi risiko kanker uterus
*        mengurangi risiko kanker endometriosis
*        bagi beberapa wanita dapat menunda kesuburan (dengan catatan blm kembali haid)
*        melindungi dari resiko osteoporosis
*        mengurangi resiko Artritis reumatoid (penyakit yang menyerang persendian)
*        mengurangi kebutuhan insulin bagi wanita yang menderita diabetes
*        dapat menurunkan berat badan.

Ibu akan sehat cantik dan ceria jika ibu tersebut menyusui setelah melahirkan zat oxytoxin-nya akan bertambah, sehingga dapat mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan. Kandungan dan perut bagian bawah juga lebih cepat menyusut kembali ke bentuk normalnya. Ibu yang menyusui bisa menguras kalori lebih banyak, maka akan lebih cepat pulih ke berat tubuh sebelum hamil. Ketika menyusui, pengeluaran hormon muda bertambah, menyebabkan ibu dalam masa menyusui tidak ada kerepotan terhadap masalah menstruasi, pada masa ini juga mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan diluar rencana. Menyusui setelah melahirkan dapat mempercepat pemulihan kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan menderita osteoporosis (keropos tulang) setelah masa menopause. Menurut statistik, menyusui juga mengurangi kemungkinan terkena kanker indung telur dan kanker payudara dalam masa menopause. Juga ibu yang menyusui tidak perlu bangun tengah malam untuk mengaduk susu bubuk, ketika pergi bertamasya juga tidak perlu membawa setumpuk botol dan kaleng susu, bukankah bisa menjadi seorang ibu yang santai dan gembira. ASI meringankan beban pengeluaran keluarga karena ASI tersedia secara alamiah, ibu hanya perlu menguasai gizi yang seimbang dan cukup, tidak perlu kuatir kekurangan. Minum ASI bisa menghemat pengeluaran tambahan tiap bulan untuk membeli susu, tidak perlu beli botol susu dan alat untuk mensterilkan. Lagi pula bayi yang minum ASI daya tahan tubuhnya lebih kuat, dan jarang menimbulkan efek alergi pada tubuh, sehingga jarang sakit dan mengurangi pengeluaran biaya pengobatan.

Sumber : Tabloid Warta Edisi Juni 2002, Dr.Utami Roesli dan berbagai sumber.

Tidak ada komentar: