15 Agustus, 2014

MANFAAT SHALAT SUBUH SECARA IMAN

Shalat Shubuh berjamaah tepat waktu bagi kaum pria di masjid adalah ujian yang berat. Shalat Shubuh tepat waktu bagi kaum wanita di rumah adalah ujian yang berat juga. Salah seorang penguasa Yahudi menyatakan, bahwa mereka (bangsa Yahudi) tidak takut dengan orang-orang Islam, kecuali pada satu hal, yaitu bila jumlah jamaah shalat Shubuh sama banyaknya dengan jumlah jamaah shalat Jum’at. Karena tanpa shalat Shubuh berjamaah tepat waktu, umat Islam tidak lagi berwibawa dan tidak mempunyai kekuatan di hadapan orang-orang kafir.
Hikmah Shalat Shubuh Jika Dikerjakan Tepat Waktu :
1.      Mendapat jaminan perlindungan dari Allah.
2.      Disaksikan para malaikat penjaga malam dan siang.
3.      Bagi kaum pria, shalat Shubuh berjamaah mendapatkan pahala 27 derajat.
4.      Diberi kebaikan yang banyak.
5.      Dihapus kejelekannya.
6.      Ditinggikan beberapa derajat kedudukannya.
7.      Malaikat berdoa untuknya (jika didoakan oleh malaikat, maka Allah akan mengabulkannya).
8.      Mendapat pahala shalat malam 1 malam penuh.
9.      Mendapat cahaya di hari Kiamat yang sempurna.
10.  Mendapatkan Surga.
11.  Mendapat pahala yang paling tinggi, yaitu melihat wajah Allah.
12.  Allah melindunginya seharian penuh.
13.  Shubuh merupakan pertemuan ilmiah dan iman yang sangat bagus dan sangat mulia.
14.  Shubuh menghapus dosa setengah hari dan dosa setengah umur yang mengerjakannya tepat waktu.
15.  Setelah shalat Shubuh adalah waktu yang paling barokah untuk memanfaatkannya dengan melakukan kegiatan-kegiatan, contohnya adalah belajar (karena puncak konsentrasi otak terjadi di pagi hari, mulai dari setelah shalat Shubuh sampai Matahari terbit), bercocok tanam, berdagang, membaca, musafir, bekerja, berjihad di jalan Allah dan kegiatan positif lainnya.
16.  Di waktu Shubuh datang angin kemenangan dari Allah membawa keberkahan, kelebihan dan kemenangan.
17.  Ketika kita dibangkitkan dari kubur setelah hari Kiamat, kita dalam keadaan gelap gulita. Nah, cahaya sangat dibutuhkan ketika kita melewati sirath (jembatan di akhirat). Sirath itu keadaannya gelap gulita dan mengerikan kondisinya, di kiri dan kanannya ada pengait-pengait dari besi yang akan menyambar siapa saja yang Allah perintahkan untuk disambar dan ada yang disambar hingga bagian tubuhnya robek atau terputus, namun ia selamat, dan ada yang terkait lalu terhempas ke Neraka. Dari mana orang-orang mukmin mendapatkan cahaya agung pada hari yang gelap itu? Cahaya itu adalah amal-amal perbuatan mereka yang banyak ketika di dunia. Cahaya itu adalah janji Allah sebagai balasan bagi amal-amal mereka. Di antara amalan ini adalah  shalat Shubuh berjamaah (khususnya bagi kaum pria).
Rasulullah saw bersabda :
”Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang  sangat terang pada hari Kiamat”. Hadits riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah.
18.  Bagi wanita, Rasulullah saw bersabda :
”Janganlah kalian melarang wanita-wanita kalian shalat di masjid. Sedangkan shalat mereka di dalam  rumah adalah lebih baik”. Hadits riwayat Abu Dawud. Ummu Hamid mendatangi Rasulullah saw dan berkata :
”Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya sangat menyukai shalat bersama anda”.
Rasulullah saw bersabda :
”Engkau telah mengetahui, shalatmu di bilikmu lebih baik daripada shalatmu di kamarmu. Shalatmu di kamarmu  lebih baik daripada shalatmu di rumahmu. Shalatmu di rumahmu itu lebih baik daripada shalatmu di masjid kaummu. Shalatmu di masjid kaummu lebih baik daripada shalatmu di masjid raya. Dan besarnya pahala shalat seorang wanita di rumahnya merupakan rahmat Allah baginya dan bagi masyarakat”.
Hadits riwayat Ahmad dan Ath-Thabarani.
Besarnya pahala shalat di rumah merupakan rahmat Allah bagi kaum wanita sekaligus bagi masyarakat. Tujuannya untuk menghindari fitnah/kerusakan/bencana, lebih menjaga wanita dan lebih melindungi wanita. Selain itu, juga untuk menjaga anak-anak, para lanjut usia, serta manfaat lainnya. Maha Suci Allah yang telah menurunkan syariat yang penuh hikmah ini, dan masih banyak lagi hikmah shalat Shubuh.

10 TIPS SUPAYA BISA BANGUN  SEBELUM MATAHARI TERBIT UNTUK SHALAT SHUBUH
  1. Ikhlas menjalankan shalat Shubuh karena Allah.
  2. Tekat dan niat yang kuat untuk shalat Shubuh tepat waktu.
  3. Hindari  berbuat dosa karena perbuatan dosa membuat kita absen dari shalat Shubuh dan itu adalah musibah.
  4. Berdoalah dengan khusyuk dan kesungguhan hati ketika memohon kepada Allah supaya memberikan kemampuan untuk melaksanakan shalat Shubuh tepat waktu.
  5. Berteman dengan orang saleh.
  6. Perhatikan cara tidur, jangan tidur terlalu larut, berdoa sebelum tidur.
  7. Jangan kekenyangan sebelum tidur.
  8. Mengingat-ingat keutamaan shalat di waktu fajar.
  9. Pasang alarm, bunyikan sesaat sebelum waktu shalat Shubuh tiba.
  10. Ajaklah orang-orang terdekat untuk bangun dan shalat Shubuh tepat waktu.
Rasulullah saw setiap selesai shalat Shubuh berdoa kepada Allah untuk diberikan ilmu yang bermanfaat, rejeki yang berkah dan amalan yang diterima Allah.

Sumber: Misteri Sholat Subuh Karya DR. Raghib As-Sirjani

Tidak ada komentar: