09 Januari, 2017

FAEDAH-FAEDAH MEDIS DALAM SHALAT

Aktivitas tubuh ketika shalat, baik ketika bergerak, seperti sujud, iktidal, rukuk atau duduk maupun ketika diam, merupakan sebentuk olahraga yang melatih otot-otot, persendian dan tulang. Shalat disebut olahraga atau latihan tubuh karena sebab-sebab sebagai berikut :
1.      Shalat merupakan olahraga yang tenang dan nyaman, tidak membutuhkan energi yang besar dan tidak sulit dilakukan.
2.      Shalat dapat dilakukan siapa saya tanpa membedakan tingkat kecerdasan atau kepintaran, semua orang bisa melakukannya dan tidak dibutuhkan bakat, keahlian atau kecerdasan khusus untuk bisa mendirikan shalat.
3.      Shalat bisa dilakukan oleh siapa saja dengan tingkat kesehatan yang berbeda-beda, baik orang sehat maupun yang sakit, sementara, banyak bentuk olahraga lain yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang sehat.
4.      Setiap orang bisa melakukannya kapan saja dan ia tidak perlu berkonsultasi kepada dokter atau konsultan kesehatan sebelum atau sesudah melakukannya.
5.      Shalat dapat dilakukan semua manusia dengan tingkatan usia yang berbeda-beda, baik anak-anak maupun orang yang sudah lanjut usia.
6.      Shalat merupakan latihan fisik yang dilakukan secara rutin dan berulang-ulang, minimal 5 kali dalam sehari. Inilah olahraga yang dilakukan secara kontinyu, tanpa henti setiap hari sepanjang hayat. Semua umat Islam melakukan olahraga ini dengan tenang, ridha dan penuh cinta. Sementara, banyak olahraga lain yang hanya dilakukan pada masa-masa tertentu dengan waktu yang terbatas dan sering kali manusia malas melakukannya.
7.      Shalat merupakan olahraga yang pelaksanaannya dibagi-bagi dan disesuaikan dengan perputaran jam biologis manusia di siang dan malam hari. Shalat menyeimbangkan kesehatan fisikal dan mental, menyesuaikan manusia dengan lingkungan sekitarnya.
8.      Shalat merupakan olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh manusia dan semua jaringan metabolism di dalamnya, termasuk juga persendian dan jaringan otot.
9.      Shalat merupakan olahraga paling aman dan nyaman. Kita tak perlu risih atau khawatir terluka, baik luka fisik maupun luka dalam, sepertinya jika kita melakukan olahraga lain.

Dengan demikian, shalat sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia baik fisik maupun mental, juga akal. Berkat shalat yang dilakukan secara rutin, manusia memiliki kekuatan melakukan berbagai aktivitas. Shalat merupakan penjaga, pelindung, dan sekaligus obat penyembuh. Setiap orang bisa merasakan semua faedah itu jika ia melakukannya secara rutin pada waktunya, dan sesuai dengan tatacara yang diajarkan Rasulullah saw. Selain shalat tersebut mesti dilaksanakan secara ikhlas dan khusyuk.
Berikut ini beberapa faedah shalat bagi kesehatan tubuh :
1.      Melancarkan fungsi jantung.
2.      Melebarkan saluran vena, arteri dan jaringan sel serta kelompok sel.
3.      Melancarkan saluran pencernaan.
4.      Menghilangkan sumbatan di pembuluh darah.
5.      Meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit, bakteri dan virus.
6.      Menguatkan berbagai jaringan tubuh serta persendian.
7.      Menghilangkan kelelahan pada persendian dan jaringan tubuh serta menguatkan jaringan otot.
8.      Meningkatkan kekuatan tubuh dan membebaskankan dari kepenatan.
9.      Meningkatkan fungsi otak, kekuatan memori dan hubungannya dengan metabolisme tubuh.
10.  Memperbaiki berbagai cacat dan kekurangan pada tubuh.
11.  Meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan menguatkan memori.
12.  Menguatkan sifat-sifat baik seperti, keberanian dan kesungguhan.
13.  Menguatkan perilaku baik seperti, disiplin, saling tolong-menolong, jujur, ikhlas dan sebagainya.
14.  Bagi para olahragawan, shalat merupakan olah tubuh yang sangat penting untuk mempersiapkan tubuh dan mental sehingga mereka bisa melakukan berbagai latihan dan olahraga yang lebih berat ketika dicurahi energi yang berlimpah terutama sebelum menjalani pertandingan.
15.  Shalat mengistirahatkan berbagai jaringan dan sistem metabolisme tubuh dari kelelahan dan kepenatan, sekaligus menjaga kestabilan fungsi tubuh serta menjadi media istirahat yang paling tepat untuk menjaga kesehatan.
Qur’an surat Al-Mujaadilah ayat 13 :
13.  (…maka dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, taatlah kepada Allah dan rasul-Nya dan Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan).

Sumber : Al-Qur’an dan Mukjizat Kesehatan Ibadah oleh Dr. Jamal Elzaky.

Tidak ada komentar: