01 April, 2013

MENGUAK RAHASIA AIR UNTUK PENYEMBUHAN

Allah SWT telah memberikan petunjuk kepada kita bahwa air yang diturunkan ke muka Bumi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan yang harus kita gali lebih lanjut.
Firman Allah Qur’an surat Qaaf ayat 9 :
“Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji tanaman yang diketam (padi, gandum)”.
Air merupakan unsur penting dari tubuh kita. Kehadiran air sangat dibutuhkan dalam kegiatan metabolisme tubuh. Tanpa adanya air, maka kegiatan metabolisme tubuh akan terganggu. Plasma darah terdiri dari 90% air. Plasma darah adalah komponen terbesar dalam darah, karena lebih dari separuh darah yang ada dikepala dan tubuh kita adalah plasma darah. Dan sebagian besar plasma darah adalah air. Adapun fungsi air didalam tubuh, yakni :
  1. Sebagai pelarut/pengencer darah dan pengangkut zat gizi yang dibawa oleh Hemoglobin dan diantarkan oleh sel-sel darah merah (eritrosit) untuk diteruskan ke seluruh sel-sel tubuh dan kepala yang memerlukannya.
  2. Bersama darah, air menjadi pengatur suhu tubuh, sehingga suhu tubuh tetap normal.
  3. Sebagai pengangkut sisa-sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh untuk dibuang.
  4. Mengantarkan oksigen bersama sel-sel darah merah (eristrosit) yang dibawa oleh Hemoglobin  ke seluruh sel-sel tubuh dan sel-sel otak/kepala.
  5. Sebagai pelumas untuk tulang (persendian), sehingga tidak menimbulkan cedera pada tulang.
  6. Air berfungsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Dalam keadaan dehidrasi (tubuh kekurangan air kebih dari 10%), air akan diambil dari sel-sel dan darah. Ketika air yang ada didalam darah tersebut diambil, maka darah akan cenderung lebih kental karena kekurangan air, sehingga jantung akan bekerja lebih keras memompa darah. Akibatnya tubuh akan lebih beresiko terkena tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

Agar tubuh tetap sehat, maka kita dianjurkan untuk minum 8-10 gelas air setiap hari.  bahkan untuk orang yang tinggal didaerah yang panas seperti padang pasir, kebutuhan air minum bisa lebih dari 10 gelas sehari. Begitu juga dengan orang yang bekerja ditempat dengan suhu yang panas.
Setiap hari tubuh kita mengeluarkan air rata-rata 2000 ml – 2400 ml atau setara dengan 2 – 2,4 liter. Air tersebut dibuang melalui :
·  Usus  (saat buang air besar)                           : 100   – 200   ml
·  Ginjal (saat buang air kecil)                            : 1000 – 1500 ml
·  Paru-paru (saat mengeluarkan nafas)  :  250  – 400   ml
·  Keringat                                                        :  400  – 600   ml
Total air yang dikeluarkan oleh tubuh  : 1700 – 2700 ml
Bagaimana cara mengetahui kalau tubuh kekurangan air? Tubuh akan memberitahu kepada kita apabila kekurangan air, seperti :
·   Rasa haus (kehilangan air 1 – 2%)
·   Penurunan semangat kerja (kehilangan air 4%)
·   Lemah dan lesu (kehilangan air 7%)
·   Dehidrasi (kehilangan air lebih dari 10%)
·   Kematian (kehilangan air 20%)
Secara fisik, kita bisa mengamati apabila tubuh kekurangan air, seperti :
·  Warna urin (air seni) tampak kuning lebih pekat (tanda dehidrasi)
·  Bau urin tercium lebih menyengat
·  Kulit tubuh akan tercium bau tak sedap meskipun sudah mandi
·  Bibir tampak kering disertai bau mulut tak sedap
·  Suhu tubuh terasa hangat

Ginjal adalah organ tubuh yang sangat peka apabila kekurangan air. Ginjal tidak dapat bekerja dengan baik apabila tidak mendapatkan cukup air. Ginjal membutuhkan banyak air sebelum diedarkan ke dalam darah. Ginjal melakukan penyaringan terhadap zat-zat beracun lebih dari 15 X dalam 1 Jam. Apa jadinya bila ginjal tidak mendapat cukup pasokan air? Tentu saja ginjal tidak dapat bekerja dengan sempurna. Sehingga pekerjaannya akan dilimpahkan ke hati. Jika terjadi pelimpahan pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh ginjal, maka akan memberatkan kerja hati. Padahal salah satu fungsi hati tidak hanya bertugas menetralkan racun. Hati juga berfungsi melakukan metabolisme simpanan lemak untuk dijadikan energi tubuh. Maka kita harus cukup minum. Supaya darah tidak kental, ginjal bisa berkerja dengan baik, dan hati tidak berat kerjanya.
Atlit marathon membutuhkan guyuran air karena sangat bermanfaat bagi atlet peserta marathon tersebut. Karena air dapat menurunkan suhu tubuh yang mulai panas saat berlari atau saat beraktivitas. Air minum sangat diperlukan oleh atlet lari marathon untuk menggantikan cairan yang terbuang lewat keringat. Adapun cara minum yang dianjurkan, jangan langsung minum dalam jumlah banyak, cukup ½ gelas dulu. Baru beberapa saat kemudian bisa minum ½ gelas lagi.
Maka dari itu, kita tidak boleh main-main dengan air. Jika kita merasa haus, segeralah minum, agar kita terhindar dari Heat stroke (stroke karena panas) yang bisa mengakibatkan kematian. Penggunaan air untuk penyembuhan telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. dalam sabdanya :
§         “Air zam-zam tergantung dari niat orang yang meminumnya. Barangsiapa minum supaya kenyang, dia akan kenyang. Barangsiapa minum untuk menyembuhkan sakit (sebelum minum berdoa mohon disembuhkan sakitnya), dia akan sembuh”. (H,R. Ibnu Majah).
§         Aisyah ra. pernah berkata :”Rasulullah pernah membawa air zam-zam, kemudian memberitahu (kepada para sahabat). Bahwasannya Rasulullah saw membacakan doa pada air zam-zam yang ada didalam bejana (wadah) dari kulit, lalu beliau menuangkan air itu ke dalam gelas dan meminumkannya kepada orang-orang yang sakit”. H.R. Muslim.
Pengompresan pada orang yang terserang demam adalah tindakan yang cukup efektif untuk meredakan demam. Tindakan pengompresan untuk meredakan demam telah dicontohkan oleh Rasulullah saw sejak 1400 tahun yang lalu. Rasulullah saw bersabda :
“Sesungguhnya demam itu berasal dari uap api jahanam (neraka). Maka dinginkanlah dengan air”. H.R. Bukhari dan Muslim.
Air adalah mahkluk Allah, maka kita tidak boleh mencela air yang akan kita konsumsi karena bisa menyebabkan molekul-molekul didalam air yang berbentuk kristal yang sangat indah menjadi hancur, sehingga air tersebut tidak berkah lagi karena menjadi tidak berkasiat. Rasulullah saw tidak pernah mencela makanan. Karena disetiap makanan mengandung air yang kadarnya berbeda-beda.  
“Rasulullah saw sama sekali tidak pernah  mencela makanan. Apabila suka sesuatu ia makan dan jika tidak suka maka ia tinggalkan”. H.R. Muttafaqun ‘Alaih.
Air adalah sumber kehidupan. Air bisa digunakan untuk sarana pengobatan. Obat demam ringan terdiri dari campuran air dan madu, resep ini dari Hippocrates, dia adalah bapak kedokteran modern.

Sumber            : The Miracle oleh Heri Herdiansyah

Tidak ada komentar: